Desa Loyok

Desa Wisata Loyok diresmikan pada tanggal 15 Nopember 1961 berasal dari kata LAYAK yang artinya Layak dihuni, dikunjungi dan merupakan Salah satu Desa Wisata di kecamatan Sikur Kabupaten Lombok Timur Provinsi Nusa Tenggara Barat Desa yang terletak di selatan Gunung Rinjani dengan ketinggian 670 Mdpl. Desa ini merupakan salah satu Desa Sentral Kerajinan Anyaman Bambu Binaan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada Tahun dari tahun 2021 sampai sekarang.

Desa Loyok menawarkan keseluruhan suasana yang mencerminkan keasrian dan keaslian pedesaan baik dari Kreatifitas Pengerajin, bertani, kearifan lokal gotong royong, kesejukan desa, bentangan alam Persawahan hijau, pola kehidupan sosial-budaya dan adat istiadat masyarakat setempat masih kuat terjaga.

Jumlah penduduk yang mendiami desa Loyok Kecamatan Sikur pada tahun 2022 sebanyak 7253 jiwa yang terdiri dari penduduk laki-laki sebanyak 3.159 jiwa dan penduduk perempuan sebanyak 4.094 jiwa dengan jumlah Kepala Keluarga (KK) yaitu sebanyak 3712 kk. Sebagain besar masayarakat Desa Loyok berprofesi sebagai Pengerajin Anyaman bambu, Petani, Peternak, dan lainnya, Desa Loyok memiliki Jarak Tempuh ke Ibu kota kabupaten 15 KM,

Desa Loyok adalah salah satu desa tujuan wisata yang sangat populer & dikenal sebagai pusat kerajinan anyaman bambu terbesar dan satu satunya di NTB.( The Central of Bamboo Handicraft Village in West Nusa Tenggara). Salah satu icon kerajinan nya ialah Dedungki, Gegandek dan Kerajinan Anyaman Bambu Lainnya. Seiring dengan kemajuan Teknologi, informasi dan perkembangan industri pariwisata di pulau Lombok, para pengerajin anyaman bambu di desa ini banyak mendapat ide-ide dan inovasi .

Tak hanya sebagai pusat kerajinan anyaman bambu dan oleh oleh, Desa loyok juga memliki keindahan Alam yang sangat indah, dan kini desa Loyok terus bergerak maju menjadi satu satunya Desa Wisata berbasis Digital dan Smart Homestay di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat
Verified by MonsterInsights