paket tour lombok

Gili Meno

Gili Meno ini termasuk dalam ‘tiga besar’ gili di Lombok yang juga meliputi Gili Trawangan dan Gili Air. Ketiga pulau ini terletak di barat laut pulau utama Lombok, di mana Gili Meno merupakan gili yang terkecil. Begitu pula dengan jumlah penduduk Gili Meno, paling sedikit hanya kisaran 400 orang, sehingga Gili Meno diperuntukkan bagi anda yang ingin menikmati liburan di pinggiran pantai dengan suasana tenang dan sepi. Tak heran bila Gili Meno menjadi tempat tujuan untuk berbulan madu.

Damai, perasaan tersebut yang akan Anda rasakan ketika menginjakkan kaki di Gili Meno. Gili Lombok yang satu ini menyuguhkan pada Anda suasana alam yang tenang nan damai. Seperti gili-gili lainnya, di Gili Meno Anda juga bisa menikmati keindahan bawah laut yang tak kalah eksotisnya. Di Gili Meno, aktivitas utama yang bisa Anda lakukan adalah dengan ber-snorkling, ataupun hanya sekedar berenang saja. Menikmati keindahan bawah laut yang begitu jernih sehingga Anda bisa melihat hingga ke dasarnya. Pantai-pantai di Gili Meno juga terbilang relatif sepi dari serbuan turis, sehingga Anda bisa menikmati suasana dengan santai layaknya berada di pantai pribadi.

Keindahan dasar laut Gili Meno juga dapat anda rasakan sensasinya dengan melakukan aktifitas diving, pantai yang memilki air berwarna biru kehijauan dan masih sangat jernih sangat cocok melakukan diving dengan melihat terumbu karang dan koral laut yang berwarna warni. Untuk Anda yang memang hobi snorkeling ataupun diving, ada baiknya Anda menjelajah ke pantai bagian barat pulau. Di sini Anda akan menemukan banyak spot menyelam yang indah seperti Meno Wall dan Turtle Point. Khusus untuk lokasi terakhir, kalau Anda beruntung, Anda bisa melihat penyu-penyu yang tengah berenang di sana.

Setelah puas bermain di perairan, dengan hamparan pasir yang memutih di sepanjang pantai, Anda bisa berbaring di pantai berpasir putih, sembari menikmati pemandangan birunya laut. Sedangkan saat pagi hari Gili Meno bisa menjadi tempat favorit untuk menikmati sunrise dengan latar belakang Gunung Rinjani. Selain itu Anda dapat berjalan kaki mengelilingi pinggiran pantai Gili Meno sembari melihat deburan ombak dan menghirup udara pantai yang masih segar.

Untuk mengelilingi pinggiran pantai Gili Meno Anda bisa menggunakan jalan setapak, dan hanya memerlukan waktu 90 menit. Tapi, jika Anda mengkhawatirkan kondisi fisik (terutama kaki), coba saja sewa sepeda atau cidomo (andong). Tarif penyewaan cidomo untuk tur keliling pulau rata-rata adalah Rp 175 ribu. Sama seperti di Gili Trawangan karena tidak diperbolehkannya kendaraan bermotor, menjadikan kualitas udara di pulau Gili Meno masih sangat bersih. Sebagian masyarakat lokal menggunakan sepeda gayung dan kereta kuda sebagai alat transportasi di sekitar pulau.

Di bagian Gili Meno sebelah barat, Anda juga bisa mengunjungi sebuah Danau Air Asin. Danau ini cukup luas, dikelilingi oleh hutan bakau yang menjadi sarang bermacam jenis burung. Salah satunya adalah Burung Elang. Jika Anda kurang puas dengan kicauan burung-burung di danau ini, Anda bisa mengunjungi Bird Park yang berlokasi di Bird Park Homestay dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 50.000 / orang. Tak cuma mendengar kicauannya saja, Anda juga bisa melihat secara langsung burung dari berbagai jenis tersebut. Disini Anda juga berkesempatan menyentuh burung-burung tersebut, tentu saja atas seijin petugas penjaga taman. Taman burung ini terletak tepat ditengah-tengah Gili Meno, sekitar 100 Meter dari Danau Air Asin.

Pada senja dan malam harinya, Anda bisa bergabung dengan penduduk setempat untuk menangkap ikan dan berburu di Gili Meno. Jadi pastikan Gili Meno masuk dalam daftar tempat wisata yang harus Anda kunjungi. Jika anda merencanakan liburan ke pulau Gili Meno, sebaiknya menyiapkan keperluan pribadi lebih lengkap dan uang tunai mencukupi. Karena anda tidak akan menemukan toko atau mesin ATM di pulau ini, seperti yang ada di pulau Gili Trawangan. Untuk tempat penginapan dan warung makan, sudah tersedia di Gili Meno.

Perjalanan menuju Gili Meno pun tidak terlalu sulit. Setelah tiba di Mataram, Lombok, Anda harus melanjutkan perjalanan menuju Pelabuhan Bangsal, yang terletak di Senggigi, sekitar 2 jam dari Mataram. Untuk menuju pelabuhan, Anda memiliki dua opsi transportasi, yaitu taksi dan bus Damri AC. Saat tiba di Pelabuhan Bangsal, Anda harus sedikit bersabar, karena kapal penyeberangan menuju Gili Meno memang lebih sedikit dibandingkan yang menuju Gili Trawangan. Jadi, Anda harus menunggu sedikit lebih lama. Tapi, keindahan yang sudah menanti di pulau mungil itu tentunya akan segera menghapus rasa lelah dan bosan Anda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat
Verified by MonsterInsights