paket tour lombok

Gili Petelu

Objek wisata di Lombok sangat beragam dan tentu saja sangat banyak, terkadang membuat para wisatawan bingung untuk memilih yang mana dahulu untuk dijadikan destinasi liburan. Bagi yang ingin berkunjung ke pantai, dapat mengunjungi Gili Petelu.

Gili Petelu adalah nama pulau ini karena terdapat tiga gugusan bukit kecil, yang mana arti dari “telu” adalah tiga dalam bahasa sasak. Sedangkan “gili” yang mempunyai arti pulau kecil.

Pulau Gili Petelu ini didominasi dengan warna hijau karena hampir seluruh permukaannya ditutup pepohonan dan rerumputan. Dan sekeliling dari pulau ini didominasi warna biru dari warna langit dan pantai.

Oleh karena itu Gili Petelu ini seperti sebuah zamrud yang berada di tengah laut. Tetapi ketika musim kemarau tiba, pulau ini terlihat tandus dan menguning. Pulau ini tidaklah berpenghuni, dan hanya dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin berlibur menghabiskan waktu mereka.

1. Tentang gili petelu
Pulau ini tidaklah terlihat spesial jika hanya dilihat sekilas saja, tetapi jika sudah menginjakan kaki di pulau ini maka akan terlihat keindahannya yang luar biasa. Terdapat sebuah bukit kecil di samping pulau ini, jika air sedang surut maka akan terlihat sebuah jalan yang berpasir yang mana memisahkan antara bukit dan pulau.

Gili Petelu ini menyuguhkan keindahan bentuk pulaunya yang berupa pulau karang dengan kontur berbukit. Gili Petelu ini tidaklah terlalu luas, pulau ini mempunyai hamparan pasir seperti butir-butir merica yang berwarna putih dan memiliki air laut yang jernih.

Butuh waktu sekitar 15 menit untuk dapat mengelilingi pulau ini. Namun tetap harus berhati-hati karena di Gili Petelu ini masih terdapat monyet-monyet liar yang mungkin dapat mengganggu ketika sedang berjalan-jalan di sekitar pulau.

Kondisi alam bawah laut dari pulau ini juga tak kalah indahnya, air jernih berwarna biru membuat mata dimanjakan dengan menikmati keindahan bawah lautnya. Desiran ombak dari pantainya juga tenang dengan kedalaman sekitar 2 meter.

Tentu saja di pulau ini juga terdapat biota-biota laut seperti bintang laut, ikan badut, gurita dan terumbu karang yang berwarna-warni.

2. Rute
Untuk dapat berkunjung ke Gili Petelu, wisatawan bisa lebih dahulu berkendara menuhu Dermaga Tanjung Luar di Kecamatan Keruak, memakan waktu sekitar satu jam dari pusat kota Mataram.

Kemudian dilanjutkan menyeberang ke Gili Petelu dengan naik kapal sekitar 30-45 menit. Untuk satu kapal yang bertarif Rp450.000-Rp600.000 ini dapat mengangkut sekitar 10 orang saja.

Namun jika para wisatawan ingin datang melalui jalur lainnya, maka para wisatawan harus menuju Pink Beach dahulu di Selong Kabupaten Lombok Timur sekitar 1 jam 30 menit dengan menggunakan kendaraan roda empat.

Lalu kemudian dilanjutkan dari Pink Beach para wisatawan bisa menyewa perahu nelayan untuk bisa diantarkan dan sekaligus mengelilingin Pink Beach yang salah satunya menuju Gili Petelu. Gili Petelu dibuka pada setiap hari selama 24 jam.

Tidak ada biaya tiket masuk ke pulau ini, tapi biayanya akan dialihkan dalam biaya penyewaan kapal saat menyeberang.

3. Lokasi
Gili Petelu berada tepat di Desa Sekaroh Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur. Gili Petelu ini lokasinya berdekatan dengan Pantai Pink di sebelah kiri daerah Jerowaru.

Wisatawan dapat melakukan beragam aktivitas di gili ini. Misalnya berenang, snorkeling, diving atau sekadar bermain pasir di pinggir pantai. Wisatawan juga dapat menjadikan panorama pantai ini sebagai spot foto yang menarik.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat
Verified by MonsterInsights