Circuit Mandalika

Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika (secara resmi bernama Pertamina Mandalika International Circuit) adalah sebuah sirkuit balap yang terletak di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika (KEK Mandalika) di Lombok TengahNusa Tenggara Barat. Sirkuit dengan panjang lintasan 4,31 km dan 17 tikungan ini memiliki kelas homologasi kelas A dari FIM. Selain digunakan sebagai tempat penyelenggaraan MotoGP, Sirkuit ini juga menjadi tuan rumah berbagai pagelaran lain seperti World Superbike, Kejurnas Mandalika Racing Series, Shell Eco-marathon, dan National Track Day. Mandalika pertama kali menggelar Grand Prix Sepeda Motor Indonesia pada Maret 2022 setelah sukses menyelenggarakan Kejuaraan Dunia Superbike pertamanya pada bulan November 2021.

Pada akhir 2016, Indonesia Tourism Development Corporation mendapat sertifikat Hak Pengelolaan Lahan untuk membangun Sirkuit Mandalika. Sirkuit awalnya direncanakan dibangun pada awal 2018, namun pembangunan tidak dimulai sampai 2019.

Pada tes pramusim MotoGP 2022, terungkap beberapa masalah terkait sirkuit, termasuk area kerikil yang “terlalu kasar” dan juga aspal yang mengelupas dan hancur akibat tipe agregat yang terlalu halus dari spesifikasi yang ditentukan. Kemudian, diumumkan bahwa sirkuit diaspal ulang dari tikungan 17 sampai tikungan 5. Pengaspalan ulang selesai pada 9 Maret 2022. Selanjutnya, pada bulan Oktober 2022, lintasan Sirkuit ini kembali diaspal ulang, kali ini menggunakan konsultan asal Italia, Studio Dromo.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat
Verified by MonsterInsights